Pengertian ISO
International Organization for Standardization, atau lebih dikenal sebagai ISO, adalah salah satu standar internasional dalam sebuah sistem manajemen untuk pengukuran mutu organisasi. Mereka memegang peranan penting dalam mengukur bagaimana kredibilitas perusahaan yang ingin bersaing secara global dan juga adalah salah satu cara untuk meningkatkan sistem manajemen mutunya.
Mereka yang memiliki sertifikasi ISO akan memiliki kemungkinan lebih untuk memenangkan kompetisi pasar. Hal itu disebabkan karena adanya jaminan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta kepercayaan konsumen akan brand terkait.
Fungsi Sertifikat ISO
- Citra yang baik di kalangan bisnis
- Menekan tingkat kesalahan pada produksi
- Kualitas produk setara standar internasional
- Standar kerja perusahaan
Manfaat Sertifikat ISO
Berikut ini adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh sebuah perusahaan dengan adanya sertifikat ISO
1. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan Serta Kepercayaan Pelannggan
Dengan menerapkan sistem manajemen mutu, sebuah perusahaan akan dapat menjamin kredibilitas mereka. Yang dimaksud kredibilitas di sini adalah kendali proses dan prosedur sebuah perusahaan dimana memastikan apabila terdapat sesuatu yang tidak beres maka antisipasi akan dilakukan dengan cepat. Pada akhirnya kredibilitas ini akan menghasilkan nilai positif dalam kepuasan pelanggan.
2. Jaminan Atas Kualitas Dengan Standar Internasional
Untuk mendapatkan Standarisasi ISO sebuah perusahaan harus melalui sebuah siklus pasti yang dikenal dengan PDCA yakni identifikasi, analisis, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah untuk menjamin mutu internasional. Siklus atau prinsip ini adalah prinsip internasional yang juga diterapkan di segala jenis industri.
3. Menghemat Biaya
Standar ISO akan memungkinkan suatu perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen khusus yang membantu mereka untuk mengetahui kinerja perusahaan secara menyeluruh. Jika ada indikasi bahwa produk akan gagal atau kinerja perusahaan menurun maka antisipasi akan segera dilakukan. Hal itu juga secara tidak langsung berarti mencegah kemungkinan pemborosan anggaran terkait produk atau kinerja yang buruk tersebut.
4. Mengoptimalkan Kinerja Karyawan
Kembali kepada prinsip manajemen mutu, semua prinsip tersebut ditetapkan untuk dapat diikuti oleh seluruh karyawan dari level staff hingga level eksekutif dalam sebuah perusahaan. Hal ini akan memacu para karyawan untuk dapat menjaga kualitas, efisiensi, serta produktivitas mereka dalam standar ISO yang telah ditetapkan sebelumnya.
5. Meningkatkan Image Perusahaan
Salah satu keuntungan paling jelas dari perusahaan yang telah mendapatkan sertifikasi ISO adalah tentunya image atau brand perusahaan akan menjadi jauh lebih positif.
Langkah-Langkah Untuk Mendapatkan Sertifikat ISO
Ada beberapa set persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan agar bisa mendapatkan sertifikasi ISO. Perusahaan harus menyerahkan beberapa dokumen kepada lembaga sertifikasi sebelum proses sertifikasi.
Dokumen yang diperlukan biasanya terdiri dari hasil audit internal, catatan hasil desain dan pengembangan, hasil tinjauan manajemen, dan lainnya. Dokumen-dokumen lain seperti prosedur penjualan dan prosedur audit internal biasanya dimasukkan, meskipun tidak bersifat wajib.
Setelah menyerahkan dokumen, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan perusahaan untuk disertifikasi.
- Pertama
Perlu mengidentifikasi proses bisnisnya sendiri untuk mengelola organisasi.
- Kedua
Perlu menerapkan prosedur manajemen dan memantau efektivitasnya.
- Ketiga
Perusahaan perlu mengidentifikasi semua kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya untuk perbaikan di masa depan.
- Keempat
Perusahaan perlu menghubungi lembaga audit eksternal untuk pendaftaran ISO. Jika perusahaan dapat menyelesaikan semua langkah ini, maka perusahaan dapat dikategorikan sebagai tersertifikasi ISO dan mendapatkan sertifikasi ISO.
Selain itu ada beberapa level dokumen (Hierarki Dokumen ISO) yang diserahkan ke sertifikasi ISO. Hierarki terdiri dari 5 tingkatan. Hierarki ini digunakan untuk mendokumentasikan fungsi semua dokumen yang dikirimkan secara efektif.
- policy level (mengidentifikasi kebijakan keseluruhan perusahaan)
- manual level (mendokumentasikan ruang lingkup tujuan perusahaan)
- procedure level (mengidentifikasi ruang lingkup dan tanggung jawab operasional perusahaan)
- product and process instructions level (memberikan instruksi untuk keseimbangan kinerja perusahaan)
- records and forms level (mendokumentasikan hasil operasional perusahaan)
Jika kalian membutuhkan jasa ISO kalian bisa hubungi nomor dibawah ini
No.Kontak : 081219583134
Email : jasaiso@yahoo.com
Alamat : Gedung Binawan Lobby 2 Lt 3 R02A
Jl. Kalibata Raya No. 25-30, Cawang, Jakarta Timur
Kami Siap Membantu Apapun Sertifikasi ISO Yang Anda Butuhkan. Pengalaman kami dengan berbagai klien serta jaringan yang luas kepada mitra akreditasi membuat proses sertifikasi menjadi cepat.

0 comments:
Post a Comment